Sales Daihatsu Pati

Ada pertanyaan?

0821-3621-4083

Pengisian Air Wiper Jangan Sembarang, Simak Di Sini

Wiper merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan untuk membantu membersihkan kaca terutama ketika berkendara dalam keadaan hujan. Fungsinya agar kaca khususnya di bagian depan pengemudi tidak buram sehingga bisa melihat jarak pandang dengan jelas. Pengisian air wiper pun harus diperhatikan dan tidak bisa sembarangan.

Fungsi utama wiper adalah untuk membersihkan kaca baik pada bagian depan maupun belakang. Wiper dibutuhkan agar kaca dalam keadaan bersih dan tidak berembun hingga mengurangi kualitas pandangan pengemudi. Untuk membersihkan wiper, dibutuhkan cairan khusus yang harus diisikan.

Cara Mengisi Air Wiper

Cairan yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil disemprotkan sebelum wiper diaktifkan untuk menyapu permukaan kaca. Air wiper ini memiliki peran yang sangat penting untuk melicinkan kaca agar lebih mudah dibersihkan. Penyemprotan air juga dilakukan agar tidak muncul goresan ketika wiper bekerja.

Berikut beberapa cara pengisian wiper yang perlu diikuti agar hasilnya maksimal dan kaca dapat dibersihkan secara merata, di antaranya:

  1. Memilih Air Wiper Terbaik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan membersihkan kaca menggunakan wiper adalah memilih air wiper yang akan digunakan sebagai cairan semprot. Air yang dipakai pun bukan air biasa namun harus sudah dicampur dengan deterjen khusus.

Air wiper ini bisa Anda dapatkan di bengkel-bengkel atau meraciknya sendiri di rumah dengan cara membeli deterjen lalu mencampur sendiri mengikuti komposisi yang tersedia pada kemasan. Namun, tidak semua pemilik kendaraan menggunakan cairan air wiper khusus untuk membersihkan kaca.

Beberapa ada yang menggunakan air biasa dan mencampurkannya dengan shampoo agar lebih efektif. Hal ini tidak dilarang selama sabun cair atau shampoo yang digunakan tidak merusak kaca. Karena jika shampoo yang digunakan memiliki sifat keras, khawatir dapat merusak permukaan kaca.

Menggunakan shampoo juga bisa menjadi solusi yang bagus karena permukaan kaca menjadi lebih licin sebelum disapu wiper. Sehingga proses membersihkan kaca mobil pun menjadi lebih mudah dan bersih. Meskipun diperbolehkan, tetap saja sangat disarankan agar menggunakan deterjen khusus saja.

  1. Buka Mobil Kap

Setelah menemukan cairan yang tepat, maka langkah selanjutnya yang harus diikuti adalah membuka kap mobil. Langkah ini penting untuk dilakukan agar air wiper bisa diisi. Anda bisa membuka kap atau cover mobil terlebih dahulu.

Setelah dibuka, jangan lupa untuk mengaitkannya dengan benar. Pastikan kap sudah terkait dengan kuat dan tangan Anda tidak terjepit. Setelah dipastikan pada posisi yang tepat saat kap dibuka, maka air wiper pun sudah bisa mulai diisi.

  1. Mencari Tabung Air Wiper

Jangan lupa untuk mencari lokasi tabung air wiper yang biasanya berada di sebelah kiri depan. Kenali tabung untuk air wiper dan jangan sampai keliru dengan tabung oli steering. Sekilas memang cukup sulit untuk dibedakan, namun Anda bisa membaca tulisan pada bagian tutup tabung agar jangan sampai keliru.

  1. Proses Pengisian

Setelah menemukan tabung untuk tempat mengisi air wiper, maka Anda bisa langsung menuangkannya. Sangat disarankan untuk menggunakan air bersih agar mencegah penyumbatan pada lubang tempat keluaran. Itulah mengapa lebih baik menggunakan air dari bengkel terpercaya langsung.

Setelah air wiper diisi hingga batas maksimal, maka Anda bisa menutupnya kembali tabung air wiper tersebut dan jangan lupa untuk menutup kap mobil.

Jenis Cairan Wiper Mobil

Selain mengetahui cara untuk mengisi air wiper, ada tiga pilihan jenis air yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan permukaan kaca. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Air Destilasi atau Suling

Air suling atau destilasi sama halnya seperti air accu yang digunakan untuk menambah volume cairan aki. Air destilasi biasanya memiliki tutup botol berwarna hijau dan dijual di pasaran dengan harga murah kisaran 10 – 15 ribu saja untuk satu botol.

  1. Wiper Fluid atau Air Wiper

Sesuai namanya, cairan ini memang dibuat khusus untuk membersihkan kotoran pada permukaan kaca baik bagian depan maupun belakang mobil. Ada beberapa jenis merek yang direkomendasikan dan sering digunakan yakni Kit Water Fluid, Sonax Clear View, dan Otogard Gold Line Wiper Fluid.

Setiap merek tersebut dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp90.000,00 per botolnya. Ukurannya pun bermacam-macam, ada yang dijual dengan kemasan 300 ml hingga 3,5 liter. Sebelum digunakan, wiper fluid harus dicampur dulu dengan air karena ada yang berbentuk konsentrat.

Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan saat ingin menggunakannya. Contohnya 125 ml wiper fluid yang harus dicampur dengan 2 liter air. Tujuannya agar konsentrasi yang dihasilkan tepat.

  1. Campuran Cairan Pembersih

Untuk cara yang lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan air campuran cairan pembersih. Air yang akan digunakan untuk membersihkan permukaan kaca bisa dicampur dengan cairan sabun pencuci piring, shampoo, maupun teh yang sudah diseduh.

Dengan menggunakan kombinasi cairan ini, maka lapisan minyak pada permukaan kaca akan lebih mudah dihilangkan. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan Ph agar balance dan sesuai. Jangan menggunakan deterjen yang terlalu basa karena jika sudah kering dan masih tertinggal pada kaca, maka akan membuat kaca mobil cepat berjamur.

Rekomendasi Merek Air Wiper

Ada beberapa merek air wiper yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan permukaan kaca pada mobil. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sonax Clear View

Merek ini dikenal sebagai cairan wiper yang berkualitas dan berbentuk konsentrat. Anda harus mencampurkan 2,5 liter air dengan 25 ml konsentrat sebelum digunakan. Fungsi dari cairan ini adalah untuk mencegah adanya goresan yang timbul pada kaca mobil. Harganya cukup mahal yakni untuk 250 ml dijual dengan harga Rp112.000,00.

  1. KI Wiper Fluid

Merek ini cukup terkenal dan dipercaya efektif untuk membersihkan kotoran pada permukaan kaca yang disebabkan oleh hujan deras. Cara menggunakannya pun sangat mudah yakni dengan mencampurkan KIT wiper fluid ke dalam 1 liter air. Jangan lupa baca petunjuk pada kemasan. Harganya sangat terjangkau yakni Rp11.000,00 untuk kemasan 300 ml.

  1. Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate

Produk air wiper berikutnya yang direkomendasikan adalah Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate. Cairan ini efektif untuk membersihkan kerak pada kaca. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda bisa mencampurkan 125 ml cairan pembersih ini ke dalam reservoir. Harganya Rp104.000,00 untuk 500 ml.

  1. Waxco Windshield Cleaner

Pilihan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan permukaan kaca dengan air wiper adalah Waxco Winshield Cleaner. Produk ini berasal dari Malaysia dan dijual dengan harga Rp18.000,00. Dengan menggunakan cairan ini, maka kotoran membandel dan jamur bisa diatasi. Namun, perlu dicampur dulu dengan air sebelum menggunakannya.

Berikut adalah beberapa panduan sederhana untuk mengingatkan Anda pentingnya pengisian air wiper yang tidak boleh sembarangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk membantu perawatan mobil Anda.

#salesdaihatsupati #promodaihatsupati #astridodaihatsu #daihatsuastrido #dihatsupati #daihatsu #astrido #daihatsupatipromo